Belajar Menginvestasikan Uang: Mengapa Teknologi Informasi Merevolusi Strategi Investasi yang Sukses

 Apakah Anda ingin tahu cara secara konsisten mendapatkan pengembalian dua digit dan tiga digit dari saham? Jawabannya terletak pada teknologi informasi. Iya. Teknologi informasi. 

Sebagian besar saham yang saya miliki yang telah memperoleh pengembalian lebih dari 50% dalam waktu kurang dari setahun bahkan tidak ada di layar radar para analis perusahaan investasi besar. Bagaimana saya tahu? Karena saya telah bekerja di dua perusahaan jasa keuangan Fortune 500 sebagai Private Banker dan Private Wealth Manager dan tidak pernah dapat menemukan penelitian di perusahaan-perusahaan ini pada saham yang paling menarik minat saya. Mengapa? 

Karena cara menghasilkan uang dalam berinvestasi telah berubah secara dramatis dan perusahaan investasi besar belum mengikuti. Salah satu alasan perusahaan investasi besar tidak mengikuti adalah karena sebagian besar memiliki motif tersembunyi sebagai mesin pemasaran murni. Hampir setiap manajer di setiap perusahaan investasi besar diberi kompensasi atas berapa banyak pendapatan dan laba yang dihasilkan kantor mereka untuk perusahaan, bukan seberapa baik kinerja konsultan keuangan mereka untuk klien mereka. Ada perbedaan besar antara kedua tujuan ini. Itulah alasan mengapa mantan analis internet bintang Merrill Lynch Henry Blodgett pernah menyatakan dalam sebuah komentar bahwa ia tidak pernah percaya akan dipublikasikan, bahwa saham analis Merrill lainnya memuji di TV karena pilihan teratas adalah "omong kosong" dan "sampah" (Sumber: Fort Worth Star Telegram, 26 Mei, 2002).  

Bahkan konsultan keuangan yang jujur di perusahaan investasi besar merasa sulit untuk menemukan Anda peluang besar di antara kumpulan saham yang dilacak perusahaan mereka. Mengapa? Karena banyak perusahaan mengamanatkan usia yang lebih tua dan banyak pengalaman sebagai prasyarat bagi analis bintang mereka. Mereka percaya bahwa seorang analis industri kepala dengan beberapa rambut abu-abu jauh lebih kredibel ketika muncul di depan klien top mereka dan di depan publik Amerika di televisi. Secara pribadi, jika saya menjalankan perusahaan investasi, setiap analis saya mungkin berusia di bawah 30 tahun. Mengapa? 

Nah, teknologi informasi telah merevolusi kemampuan analis untuk menemukan saham dengan prospek pertumbuhan yang spektakuler sebelum masyarakat umum menyadari stok ini. Lead dapat ditemukan melalui mesin pencari internet dengan mencari kata kunci yang tepat, dan juga melalui metode kreatif lainnya, termasuk pemanfaatan blog. Sering kali, peluang saham terbaik dapat ditemukan melalui sumber informasi non-tradisional, yang berarti BUKAN Reuters, BUKAN Bloomberg, dan BUKAN salah satu dari lembaga kliring informasi keuangan lainnya yang dibayar oleh perusahaan jalanan besar ribuan dolar untuk setiap bulan. Sering kali, informasi terbaik adalah gratis dan online, tetapi kuncinya adalah mengetahui cara mengungkapnya. 

Biasanya, ketika Anda memiliki masalah yang ingin Anda selesaikan terkait dengan internet, apakah itu masalah desain web, masalah dengan mendapatkan peringkat mesin pencari yang lebih baik untuk situs web Anda, menyiapkan blog, bisa memahami cara mencari basis data online, dan seterusnya, apakah Anda akan beralih ke anak berwajah segar atau seseorang dengan rambut abu-abu untuk meminta bantuan? Anak berwajah segar, benar? Karena biasanya generasi muda jauh lebih mutakhir tentang teknologi baru, termasuk mengetahui cara memanipulasi dan menemukan data. Lihat ke mana saya akan pergi dengan semua ini sekarang? 

Alasan Anda tidak akan pernah mendengar tentang perusahaan yang dalam lima tahun akan menjadi Microsoft baru dan Dell baru dari manajer portofolio dan konsultan keuangan di perusahaan jasa keuangan besar adalah karena lembaga keuangan besar belum menyadari bahwa memahami bagaimana sumber informasi memanfaatkan informasi teknologi adalah apa yang memungkinkan pemetik saham terbaik menjadi benar berkali-kali tentang saham yang belum pernah didengar orang lain. Dan jangan terkesan jika konsultan keuangan Anda merekomendasikan IPO bermain seperti Google yang meroket karena seluruh dunia tahu tentang Google. Konsultan keuangan Anda harus mengungkap puluhan dan puluhan Google lainnya di luar sana yang belum pernah didengar orang lain. 

Terus terang, saya tidak terlalu peduli tentang berapa kali manajer portofolio teratas rumah investasi besar mengunjungi perusahaan saham yang mereka rekomendasikan. Saya tidak terlalu peduli jika manajer portofolio top ini memiliki "akses" ke CEO dan CFO perusahaan-perusahaan ini karena "reputasi" mereka. Saya tidak terlalu peduli dengan "jangkauan global" dari perusahaan investasi ini yang memungkinkan mereka untuk meneliti perusahaan di luar negeri. Semua ini tidak mengesankan saya sebagai klien.  

Saya tidak terlalu peduli karena sebagian besar waktu, perusahaan jasa keuangan besar tidak meneliti perusahaan yang tepat. Maksud saya, stok topi kecil dan mikro yang belum pernah didengar orang. Perusahaan-perusahaan besar akan menghabiskan puluhan ribu dolar untuk mengadakan konferensi ini di hotel-hotel mewah untuk klien terbesar mereka dan memamerkan akses mereka yang mengesankan ke CEO perusahaan besar, tapi tetap saja, Saya lebih suka menghabiskan hampir tidak ada yang terus menemukan saham yang akan memberi saya pengembalian 50% dalam waktu kurang dari setahun dibandingkan membuang-buang waktu saya mendengarkan informasi berlebihan tentang perusahaan besar yang tidak akan pernah tumbuh lebih dari 8% per tahun. Tapi sekali lagi, itu hanya pendapat saya.